ORGANOLOGI ALAT MUSIK

Organologi dalam dunia seni musik adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang alat musik. Alat musik dibagi atau dikelompokkan berdasarkan sumber bunyi, cara memainkan, dan fungsinya.

A. Pengelompokan Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyi

  1. Idiophone, yaitu alat musik yang memiliki sumber bunyi berasal dari alat musik itu sendiri atau dari bahan dasar dari alat musik tersebut. Contoh alat musik cetik dari Lampung.
  2. Aerophone, yaitu alat musik yang memiliki sumber bunyi berasal dari getaran udara pada alat musik tersebut. Contoh alat musik recorder. 
     
  3. Chordophone, yaitu alat musik yang memiliki sumber bunbyi berasal dari dawai. Contoh alat musik biola. 
  4. Membranophone, yaitu alat musik yang memiliki sumber bunyi berasal dari selaput membran pada alat musik tersebut. contoh alat musik timpani. 
  5. Elektrophone, yaitu alat musik yang memiliki sumber bunyi berasal dari rangkaian atau kumparan elektronik pada alat musik tersebut. contoh alat musik keyboard. 


B. Pengelompokan Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkan.

1. Alat Musik Tiup
Alat musik tiup terbagi menjadi dua, yaitu alat musik tiup logam dan alat musik tiup kayu
Contoh alat musik tiup logam 

Contoh alat musik tiup kayu





2. Alat Musik Pukul
Alat musik pukul jika dilihat dari sumber bunyi cara mterbagi menjadi dua yaitu alat musik pukul yang sumber bunyi berasal dari membran (membranophone) dan musik pukul yang sumber bunyi berasal dari alat itu sendiri (idiophone).
Contoh Alat Musik Pukul membranophone

Contoh Alat Musik Pukul idiophone




3. Alat Musik Petik
Alat musik ini dimainkan dengan cara memetik dawai yang terdapat pada alat musik tersebut. Contohnya gitar. 

4. Alat Musik Gesek
Alat musik ini dimainkan dengan cara menggesek dawai yang terdapat pada alat musik tersebut. Contohnya biola



C. Pengelompokan Alat Musik Berdasarkan Fungsinya
  1. Ritmik, yaitu alat musik yang tidak memiliki nada dan hanya memainkan pola irama. Contoh Konga 
  2. Melodis. yaitu alat musik yang berfungsi memainkan melodi dalam suatu lagu. Alat musik ini tidak dapat membunyikan lebih dari 1 nada secara bersamaan. Contoh Flute 
  3. Harmonis, yaitu alat musik yang dapat memainkan lebih dari dua nada. Umumnya dalam pertunjukan alat musik ini digunakan untuk pengiring lagu. Contoh Piano 









Komentar

  1. Titanium Tail stud poker chips - TITanium's Tithron Arts
    These are extremely durable and feature the same high titanium cookware performance as our signature poker chips. used ford fusion titanium The Tithron Tithron titanium eyeglass frames Poker Chip has trekz titanium pairing a thick matte samsung titanium watch finish with a

    BalasHapus

Posting Komentar